Laporan Kegiatan Pendataan dan validasi Realisasi KJP Di Sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi



Pendataan dan validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar Di Sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi Dalam Penerapan matakuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia



Kelas               : LD53
Dosen             : Untung Suhardi, S.Pd.H., M.Fil.H
Ketua              : Andi Wijaya
Waktu             : Selasa, 27 Oktober 2015
Pukul               : 11.00 – 13.30 WIB
Lokasi             : SDN Cempaka Baru 02 Pagi , Jl. Cempaka Baru VII/45 Kemayoran

Tim yang hadir:
Ketua              : Andi Wijaya
Anggota          : Ari Jumadi Ahmad
                          Alfathu Kabiru Rifai
                          Elsa Christina
                          Egishacikal Agata
                          Cristal Clara
                          Melisa Teena
                          Raynaldo Sudira

(Elsa Christina, Cristal Clara, Melisa Teena, Raynaldo Sudira, Egishacikal Agata, Alfathu Kabiru Rifai, Andi Wijaya, Ari Jumadi Ahmad)




PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Pada saat ini KJP (Kartu Jakarta Pintar)sangat berperan penting dikehidupan masyarakat Jakarta saat ini dan khususnya bagi maysarakat menengah kebawah .Namun beberapa kasus dan  kenyataan yang terjadi  adalah KJP tidak diterima atau mencapai tujuan yang sesuai dengan semestinya.Oleh karena itu      Binus University melalui TFI (Teach For Indonesia) dibawah naungan Pemerintah DKI Jakarta mengutus kami untuk melakukan survey dalam bentuk wawancara. langsung dan verifikasi 8355 langsung ke Sekolah yang telah ditentukan kepada kami , yaitu SDN  Cempaka baru 02 Pagi.

1.2 Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Adapaun Tujuan dan manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
·         Mengetahui apakah program KJP telah berjalan sebagaimana mestinya atau tidak
·         Melakukan verifikasi terhadap data sekolah dan dinas
·         Mengetahui apakah program KJP telah tepat sasaran
·         Melakukan Validasi pendidikan

1.3 Perencanaan Kegiatan

   1.3.1 Bentuk Kegiatan
A. Wawancara langsung kuisioner KJP kepada siswa/I SDN  Cempaka baru 02 Pagi
B.  Verifikasi 8355
   1.3.2 Sasaran Kegiatan
A.  Sekolah yang dituju : SDN  Cempaka baru 02 Pagi
B.  Target                       : Siswa/i di sekolah tersebut.



PELAKSANAAN KEGIATAN


2.1 Kegiatan yang dilakukan

Pada hari selasa tanggal 20 Oktober 2015, kami berkumpul bersama di binus anggrek pada pukul 08.00 WIB, Setelah setiap anggota kumpul dan siap kami bergegas untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum untuk menuju sekolah tujuan kami. Dalam hal ini kami menggunakan kereta (KRL) serta metromini, Sekolah tujuan kami yaitu SDN Cempaka Baru 02 Pagi,sekolah tersebut terletak di Jl.Cempaka Baru VII/45 Kemayoran – Jakarta Pusat.
Pada pukul 10.00 kami tiba di statium kemayoran. Lalu kami naik metromini untuk dapat sampai di sekoah. Setelah melalui perjalanan yang cukup panjang,kami tiba pada pukul 10.30 WIB. Dikarenakan kami menggunakan angkutan umum,dan baru pertama kali menuju tujuan kami dan kami mengalami kebingungan untuk mencapai sekolah tersebut sebab ini sesuatu yang baru untuk kami. Kami tidak langsung sampai didepan sekolah melainkan kami harus berjalan kaki lagi menuju sekolah tersebut sekitar 1km.
Pada pukul 10.50 akhirnya kami sampai disekolah, dan langkah awal yang kami lakukan adalah menemui kepala sekolah. Ternyata kepala sekolah yang kami temui baru menjabat sebagai kepala sekolah disekolah itu. Setelah kami berbincang-bincang dan memberitahukan tujuan kami datang ke sekolah ini, ibu kepala sekolah tersebut mengatakan kalau ia baru menjabat dan tidak mengetahui data kjp seluruh siswa disini dan ia menghubungi pihak TU tetapi pihak TU tersebut sedang tidak berada di sekolah,jadi kami disarankan kembali kesekolah ini lagi minggu depannya. Kami pun berpamitan dan mengatur jadwal untuk dapat datang kembali kesekolah. Dan setelah menemukan jadwal yang tepat kami menyampaikannya kepada kepala sekolah dan berpamitan untuk pulang.

A.    Kegitan Wawancara KJP
Pada tanggal 27 Oktober 2015, kami kembali ke sekolah dengan waktu yang lebih efisien karena kami telah mengetahui lokasi secara pasti. Kami kembali menemui ibu kepala sekolah untuk meminta data kjp tetapi kepala sekolah sedang tidak di tempat karena sedang melakukan rapat diluar sekolah dan data yang telah di siapkan oleh kepala sekolah kepada TU diberikan kepada kami dan melakukan wawancara langsung dengan siswa-siswi disekolah tersebut dengan cara membagi 4 kelompok untuk melakukan wawancara terhadap siswa-siswi tersebut.

Setelah melakukan wawancara,ternyata hasil yang kami dapatkan adalah beberapa sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mendapatkan kjp dan beberapa sebagian ada yang berkecukupan tetapi masih menerima kjp.

Setelah interview kjp siswa selesai,kami mewawancarai sekolah terkait kjp,kami pun menanyakan beberapa pertanyaan berdasarkan kuesioner yang kami dapatkan dari tfi. Pihak sekolah pun menjawab pertanyaan kami dengan baik.

Setelah melakukan pendataan kjp,kami melakukan dokumentasi seperti berfoto-foto bersama siswa-siswi dan bersama TU sekolah karena saat kami melakukan kunjungan kedua kepala sekolahnya sedang melakukan rapat diluar sekolah. Setelah melakukan dokumentasi,kami pun pamit pada siswa-siswi dan para guru disekolah tersebut.
    

2.2 Faktor Penunjang dan Penghambat

A. Faktor Penunjang
1)  Kesiapan individu dari siswa/i disekolah tersebut
2)  Sarana dan prasarana yang mendukung.
3)  Waktu yang cukup.
4)  Siswa/i yang jujur dalam merespon wawancara
5)  Support dari sekolah yang cukup baik.
B. Faktor Penghambat
1)  Kurangnya informasi bagi kami dalam mencapai lokasi
2)  Kurangnya kesiapan terkait data KJP dan 8355 yang diperlukan.

2.3 Refleksi

Berdasarkan Kegiatan yang kami lakukan, banyak sekali hal yang kita dapatkan. Hal itu tentunya tidak ada kita dapatkan jika tidak melakukan kegiatan ini. Beberapa hal yang kami dapatkan diantaranya :

1.      Informasi terkait kondisi pendidikan di Jakarta
2.      Pengetahuan Seputar KJP
3.   Pengalaman terkait bagaimana memverifikasi sesuatu yang terdaftar dengan kondisi sesungguhnya.
4.   Membangun kerjasama tim yang lebih baik.

Selain itu, kami merasa senang mengingat hal yang kami lakukan itu merupakan kegiatan yang berguna bagi pemprov DKI. Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa dan rasa lelah yang kami dapatkan terbayar dengan rasa bangga dan puas.

PENUTUP

  3.1. Kesimpulan

Dari keseluruhan kegiatan ini, tentu saja bnyak hal yang telah kami peroleh maka secara garis besar dapat kami simpulkan bahwa seluruh siswa kjp yang kami data merupakan siswa yang memang berhak menerima kartu Jakarta pintar ( KJP ) memenuhi syarat siswa yang tidak mampu, dan dalam memverifikasi 8355 terdapat perbedaan data yang belum di update karena ada beberapa siswa yang telah keluar dari sekolah.

3.2. Saran
Demikianlah laporan kami mengenai kegiatan KJP serta 8355. Dan tentu saja kami hanyalah manusia biasa yang jauh dari kata sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca


LAMPIRAN



Share on Google Plus

About Ari Jumadi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar