Pendataan dan validasi 8355 Di Sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi Dalam Penerapan matakuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia
Kelas : LD53
Dosen : Untung Suhardi, S.Pd.H., M.Fil.H
Dosen : Untung Suhardi, S.Pd.H., M.Fil.H
Ketua : Andi Wijaya
Waktu : Selasa, 27 Oktober 2015
Pukul : 11.00 – 13.30 WIB
Lokasi : SDN Cempaka Baru 02 Pagi , Jl. Cempaka Baru VII/45 Kemayoran
Tim yang hadir:
Ketua : Andi Wijaya
Anggota : Ari Jumadi Ahmad
Alfathu Kabiru Rifai
Elsa Christina
Elsa Christina
Egishacikal Agata
Cristal Clara
Melisa Teena
Raynaldo Sudira
(Elsa Christina, Cristal Clara, Melisa Teena, Raynaldo Sudira, Egishacikal Agata, Alfathu Kabiru Rifai, Andi Wijaya, Ari Jumadi Ahmad) |
1.1 Tujuan dan Manfaat Kegiatan
Adapaun Tujuan dan manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut
· Melakukan verifikasi terhadap data sekolah dan dinas
· Melakukan Validasi pendidikan
1.3 Perencanaan Kegiatan
1.3.1 Bentuk Kegiatan
A. Verifikasi 8355
1.3.2 Sasaran Kegiatan
A. Sekolah yang dituju : SDN Cempaka baru 02 Pagi
B. Target : Siswa/i di sekolah tersebut.
PELAKSANAAN KEGIATAN
2.1 Kegiatan yang dilakukan
pada
saat kami sampai di sekolah, kami bergegas untuk melakukan verivikasi 8355
dengan menemui kepala sekolah, namun dikarenakan kepala sekolah sedang tidak
ada di lokasi karena sedang menghadiri rapat kami menemui pihak operator yang
sebelumnya telah diinformasikan oleh kepala sekolah untuk mewakilinya. Kami pun
bertemu dengan pihak operator dan menanyakan data terkait 8355, setelah data
yang diperlukan diberikan kami melakukan verifikasi dimana dalam hal ini Ari
Jumadi Ahmad menyebutkan nama nama siswa yang diberikan oleh sekolah, serta
Andi Wijaya, Egishacikal agata dan lainnya mengeceknya dengan data yang kami
dapatkan dari tfi.
Setelah
beberapa menit kemudian kami mulai menemukan beberapa perbedaan dimana ada
beberapa siswa yang namanya ada di sekolah namun tidak ada di dinas, adapula
nama siswa yang ada di dinas namun tidak ada disekolah, kami pun menanyakan
siswa tersebut kepada pihak operator, ternyata ada beberapa siswa yang sudah
keluar . setelah proses pengecekan selesai kami pun mencatatnya dalam form
verifikasi 8355 .
Setelah proses
verivikasi 8355 selesai kami pun melanjutkan kepada proses validasi pendidikan
, dimana kegiatan ini dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan terkait
kjp dan 8355 berdasarkan pertanyaan pertanyaan yang telah di siapkan oleh TFI,
pihak operator pun menjawab seluruh pertanyaan yang kami berikan serta
memberikan data yang mendukung. Kami pun malakukan validasi dengan mengecek
data yang diberikan dengan jawaban yang diberikan oleh pihak operator, kegiatan
verifikasi 8355 dan validasi pendidikan pun selsai. Kami pun berterimakasih
atas ketersediaan serta keterbukaan pihak sekolah dalam rangka kegiatan ini.
Kami pun melakukan foto foto bersama dengan pihak yang bersangkutan serta
berpamitan karena kegiatan yang telah kami lakukan selesai
2.2 Faktor Penunjang dan Penghambat
A. Faktor Penunjang
1) Kesiapan individu dari siswa/i disekolah tersebut
2) Sarana dan prasarana yang mendukung.
3) Waktu yang cukup.
4) Siswa/i yang jujur dalam merespon wawancara
5) Support dari sekolah yang cukup baik.
B. Faktor Penghambat
1) Kurangnya informasi bagi kami dalam mencapai lokasi
2) Kurangnya kesiapan terkait data KJP dan 8355 yang diperlukan.
2.3 Refleksi
Berdasarkan Kegiatan yang kami lakukan, banyak sekali hal yang kita dapatkan. Hal itu tentunya tidak ada kita dapatkan jika tidak melakukan kegiatan ini. Beberapa hal yang kami dapatkan diantaranya :
1. Informasi terkait kondisi pendidikan di Jakarta
2. Pengalaman terkait bagaimana memverifikasi sesuatu yang terdaftar dengan kondisi sesungguhnya.
3. Membangun kerjasama tim yang lebih baik.
Selain itu, kami merasa senang mengingat hal yang kami lakukan itu merupakan kegiatan yang berguna bagi pemprov DKI. Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa dan rasa lelah yang kami dapatkan terbayar dengan rasa bangga dan puas.
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dari keseluruhan kegiatan ini, tentu saja bnyak hal yang telah kami peroleh maka secara garis besar dapat kami simpulkan bahwa seluruh siswa kjp yang kami data merupakan siswa yang memang berhak menerima kartu Jakarta pintar ( KJP ) memenuhi syarat siswa yang tidak mampu, dan dalam memverifikasi 8355 terdapat perbedaan data yang belum di update karena ada beberapa siswa yang telah keluar dari sekolah.
3.2. Saran
Demikianlah laporan kami mengenai kegiatan KJP serta 8355. Dan tentu saja kami hanyalah manusia biasa yang jauh dari kata sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca
0 komentar:
Posting Komentar