Laporan Kegiatan Pendataan dan validasi Realisasi 8355 Di Sekolah SDN Sukabumi Selatan 01


Pendataan dan validasi Realisasi 8355 Di Sekolah SDN Sukabumi Selatan 01  Dalam Penerapan matakuliah Character Building Bersama Teach For Indonesia







Kelas               : LD53

Ketua              : Andi Wijaya

Waktu             : Kamis, 22 Oktober 2015

Pukul               : 10.00 – 12.30 WIB

Lokasi             : SDN Sukabumi Selatan 01, Jl. Panjang Sukabumi Selatan RT 07/05



Tim yang hadir:

Ketua              : Andi Wijaya

Anggota          : Ari Jumadi Ahmad

                          Alfathu Kabiru Rifai
                          
                          Elsa Christina

                          Egishacikal Agata

                          Cristal Clara

                          Melisa Teena

                          Raynaldo Sudira
(Andi Wijaya, Egishacikal Agata, Cristal Clara, Melsia Teena, Elsa Christina, Ari Jumadi Ahmad, Raynaldo Sudira, Alfathu Kabiru Rifai)





PENDAHULUAN



1.1 Tujuan dan Manfaat Kegiatan

Adapaun Tujuan dan manfaat dari kegiatan ini adalah sebagai berikut
·         Melakukan verifikasi terhadap data sekolah dan dinas
·         Melakukan Validasi pendidikan

1.2 Perencanaan Kegiatan

   1.3.1 Bentuk Kegiatan
A.  Verifikasi 8355
   1.3.2 Sasaran Kegiatan
A.  Sekolah yang dituju : SDN Sukabumi Selatan 1 Jakarta
B.  Target                       : Siswa/i di sekolah tersebut


PELAKSANAAN KEGIATAN


2.1 Kegiatan yang dilakukan

Pada tanggal  20 october 2015 kami berkumpul bersama di kampus pada pk. 08:00 pagi untuk menuju ke sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi Kemayoran untuk melakukan pendataan KJP. Setelah melalui perjalanan yang cukup jauh dan beganti ganti kendaraan kami tiba di sekolah tersebut pada pk. 11:00. Sesampainya di sekolah kami bersama-sama menuju ruang kepala sekolah untuk membicarakan maksud dan tujuan kami. Ternyata kepala sekolah tersebut baru menjabat sebagai kepala sekolah di sekolah tersebut sehingga beliau tidak mengetahui mengenai data KJP maupun 8355 dan ketika beliau memanggil pihak TU sedang tidak ada di tempat sehingga kami diminta untuk kembali lagi minggu depan.        
Setelah kami selesai dari sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi kemayoran, kami langsung menuju sekolah SDN Sukabumi Selatan 01 Pagi untuk membicarakan maksud dan tujuan kami ke sekolah tersebut untuk melakukan pendataan KJP. Sesampainya disana kami langsung ke ruang kepala sekolah dan kami dipersilahkan oleh kepala sekolah untuk membicarakannya dengan petugas TU. Beliau meminta kami datang kembali pada hari Kamis karena Beliau mau mempersiapkan data-data nya terlebih dahulu.

A.     Kegiatan Verifikasi 8355 dan Validasi Pendidikan
Pada saat kami sampai di sekolah bergegas untuk melakukan verifikasi 8355 dengan menemui kepala sekolah, namun dikarenakan kepala sekolah sedang tidak ada dilokasi karena sedang menghadari rapat kami menemui pihak operator yang sebelumnnya telah diinformasikan oleh kepala sekolah untuk mewakilinya. Kami pun bertemu dengan pihak operator dan menanyakan data terkait 8355, setelah data yang diperlukan diberikan kami melakukan verifikasi dimana dalam hal ini Ari jumadi menyebutkan nama nama siswa yang diberikan oleh sekolah, serta Andi wijaya, Egishacikal agata dan lainnya mengeceknya dengan data yang kami dapatkan dari TFI.

Setelah beberapa menit kemudian kami memulai menemukan beberapa perbedaan dimana ada beberapa siswa yang namanya ada di sekolah namun tidak ada di dinas, adapula nama siswa yang ada di dinas namun tidak ada di dinas, adapula nama siswa yang ada di dinas namun tidak ada disekolah kami pun menanyakan siswa tersebut kepada pihak operator, ternyata ada beberapa siswa yang sudah keluar. Setelah proses pengecekan selesai kami pun mencatatnya dalam form verifikasi 8355.

Setelah proses verifikasi 8355 selesai kami pun melanjutkan kepada proses validasi pendidikan. Dimana kegiatan ini dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan terkait KJP dan 8355 berdasarkan pertanyaan pertanyaan yang telah di siapkan oleh TFI, pihak operator pun menjawab seluruh pertanyaan yang kami berikan serta memberikan data yang mendukung. Kami pun melakukan validasi dengan mengecek data yang diberikan dengan jawaban yang diberikan oleh pihak operator, kegiatan verifikasi 8355 dan validasi pendidikan pun selesai. Kami pun berterimakasih atas ketersediaan serta keterbukaan pihak sekolah dalam rangka kegiatan ini, kami pun melakukan foto foto bersama dengan pihak yang bersangkutan serta berpamitan karena kegiatan yang telah kami lakukan selesai.



2.2 Faktor Penunjang dan Penghambat

A. Faktor Penunjang
1)  Kesiapan individu dari siswa/i disekolah tersebut
2)  Sarana dan prasarana yang mendukung.
3)  Waktu yang cukup.
4)  Siswa/i yang jujur dalam merespon wawancara
5)  Support dari sekolah yang cukup baik.
B. Faktor Penghambat
1)  Kurangnya informasi bagi kami dalam mencapai lokasi
2)  Kurangnya kesiapan terkait data KJP dan 8355 yang diperlukan.

2.3 Refleksi

Berdasarkan kegiatan yang telah kami lakukan, banyak sekali hal yang kita dapatkan. Hal itu tentunya tidak ada kita dapatkan jika tidak melakukan kegiatan ini. Beberapa hal yang kami dapatkan diantaranya :
1.      Informasi terkait kondisi pendidikan di Jakarta
2.      Pengetahuan Seputar KJP
3.   Pengalaman terkait bagaimana memverifikasi sesuatu yang terdaftar dengan kondisi sesungguhnya.
4.   Membangun kerjasama tim yang lebih baik.

Selain itu, kami merasa senang mengingat hal yang kami lakukan itu merupakan kegiatan yang berguna bagi pemprov DKI. Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa dan rasa lelah yang kami dapatkan terbayar dengan rasa bangga dan puas.


PENUTUP

  3.1. Kesimpulan
Dari keseluruhan kegiatan ini, tentu saja bnyak hal yang telah kami peroleh maka secara garis besar dapat kami simpulkan bahwa seluruh siswa kjp yang kami data merupakan siswa yang memang berhak menerima kartu Jakarta pintar ( KJP ) memenuhi syarat siswa yang tidak mampu, dan dalam memverifikasi 8355 terdapat perbedaan data yang belum di update karena ada beberapa siswa yang telah keluar dari sekolah.


3.2. Saran
Demikianlah laporan kami mengenai kegiatan KJP dan 8355. Dan tentu saja kami hanyalah manusia biasa yang jauh dari kata sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca

LAMPIRAN


Form Evaluasi Kegiatan

LAPORAN LAINNYA :

Laporan Kegiatan Pendataan dan validasi Realisasi 8355 Di Sekolah SDN Sukabumi Selatan 01

Laporan Kegiatan Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar DI SDN Sukabumi Selatan 01

Laporan Kegiatan Pendataan dan validasi Realisasi 8355 Di Sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi

Laporan Kegiatan Pendataan dan validasi Realisasi KJP Di Sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi





Share on Google Plus

About Ari Jumadi

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar