(Andi Wijaya, Egishacikal Agata, Cristal Clara, Melsia Teena, Elsa Christina, Ari Jumadi Ahmad, Raynaldo Sudira, Alfathu Kabiru Rifai)
PENDAHULUAN
1.1 Tujuan dan Manfaat
Kegiatan
Adapaun Tujuan dan manfaat dari kegiatan
ini adalah sebagai berikut
·
Melakukan verifikasi terhadap data sekolah
dan dinas
·
Melakukan Validasi pendidikan
1.2 Perencanaan Kegiatan
1.3.1 Bentuk Kegiatan
A. Verifikasi 8355
1.3.2 Sasaran Kegiatan
A. Sekolah yang dituju
: SDN Sukabumi Selatan 1 Jakarta
B. Target : Siswa/i di sekolah tersebut
PELAKSANAAN
KEGIATAN
2.1 Kegiatan yang dilakukan
Pada tanggal 20 october 2015 kami berkumpul bersama di
kampus pada pk. 08:00 pagi untuk menuju ke sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi
Kemayoran untuk melakukan pendataan KJP. Setelah melalui perjalanan yang cukup
jauh dan beganti ganti kendaraan kami tiba di sekolah tersebut pada pk. 11:00.
Sesampainya di sekolah kami bersama-sama menuju ruang kepala sekolah untuk
membicarakan maksud dan tujuan kami. Ternyata kepala sekolah tersebut baru
menjabat sebagai kepala sekolah di sekolah tersebut sehingga beliau tidak
mengetahui mengenai data KJP maupun 8355 dan ketika beliau memanggil pihak TU
sedang tidak ada di tempat sehingga kami diminta untuk kembali lagi minggu
depan.
Setelah kami selesai dari sekolah SDN
Cempaka Baru 02 Pagi kemayoran, kami langsung menuju sekolah SDN Sukabumi
Selatan 01 Pagi untuk membicarakan maksud dan tujuan kami ke sekolah tersebut
untuk melakukan pendataan KJP. Sesampainya disana kami langsung ke ruang kepala
sekolah dan kami dipersilahkan oleh kepala sekolah untuk membicarakannya dengan
petugas TU. Beliau meminta kami datang kembali pada hari Kamis karena Beliau
mau mempersiapkan data-data nya terlebih dahulu.
A. Kegiatan
Verifikasi 8355 dan Validasi Pendidikan
Pada
saat kami sampai di sekolah bergegas untuk melakukan verifikasi 8355 dengan
menemui kepala sekolah, namun dikarenakan kepala sekolah sedang tidak ada
dilokasi karena sedang menghadari rapat kami menemui pihak operator yang
sebelumnnya telah diinformasikan oleh kepala sekolah untuk mewakilinya. Kami
pun bertemu dengan pihak operator dan menanyakan data terkait 8355, setelah
data yang diperlukan diberikan kami melakukan verifikasi dimana dalam hal ini
Ari jumadi menyebutkan nama nama siswa yang diberikan oleh sekolah, serta Andi
wijaya, Egishacikal agata dan lainnya mengeceknya dengan data yang kami
dapatkan dari TFI.
Setelah
beberapa menit kemudian kami memulai menemukan beberapa perbedaan dimana ada
beberapa siswa yang namanya ada di sekolah namun tidak ada di dinas, adapula
nama siswa yang ada di dinas namun tidak ada di dinas, adapula nama siswa yang
ada di dinas namun tidak ada disekolah kami pun menanyakan siswa tersebut
kepada pihak operator, ternyata ada beberapa siswa yang sudah keluar. Setelah
proses pengecekan selesai kami pun mencatatnya dalam form verifikasi 8355.
Setelah
proses verifikasi 8355 selesai kami pun melanjutkan kepada proses validasi
pendidikan. Dimana kegiatan ini dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan
terkait KJP dan 8355 berdasarkan pertanyaan pertanyaan yang telah di siapkan
oleh TFI, pihak operator pun menjawab seluruh pertanyaan yang kami berikan
serta memberikan data yang mendukung. Kami pun melakukan validasi dengan
mengecek data yang diberikan dengan jawaban yang diberikan oleh pihak operator,
kegiatan verifikasi 8355 dan validasi pendidikan pun selesai. Kami pun
berterimakasih atas ketersediaan serta keterbukaan pihak sekolah dalam rangka
kegiatan ini, kami pun melakukan foto foto bersama dengan pihak yang
bersangkutan serta berpamitan karena kegiatan yang telah kami lakukan selesai.
2.2 Faktor Penunjang dan
Penghambat
A. Faktor Penunjang
1) Kesiapan individu
dari siswa/i disekolah tersebut
2) Sarana dan
prasarana yang mendukung.
3) Waktu yang cukup.
4) Siswa/i yang jujur dalam merespon
wawancara
5) Support dari sekolah yang cukup
baik.
B. Faktor Penghambat
1) Kurangnya
informasi bagi kami dalam mencapai lokasi
2) Kurangnya kesiapan terkait data KJP dan
8355 yang diperlukan.
2.3 Refleksi
Berdasarkan kegiatan yang telah
kami lakukan,
banyak sekali hal yang kita dapatkan. Hal
itu tentunya tidak ada kita dapatkan jika tidak
melakukan kegiatan ini.
Beberapa hal yang kami
dapatkan
diantaranya :
1. Informasi terkait kondisi pendidikan
di Jakarta
2. Pengetahuan
Seputar KJP
3.
Pengalaman terkait bagaimana memverifikasi
sesuatu yang terdaftar dengan kondisi sesungguhnya.
4. Membangun
kerjasama tim
yang lebih baik.
Selain itu, kami merasa senang mengingat
hal yang kami lakukan itu
merupakan
kegiatan
yang berguna bagi pemprov
DKI. Sungguh suatu
pengalaman yang luar biasa dan
rasa lelah yang kami dapatkan
terbayar dengan rasa bangga
dan puas.
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dari keseluruhan kegiatan ini, tentu saja bnyak hal yang telah kami peroleh maka
secara garis besar dapat kami simpulkan bahwa seluruh siswa kjp yang kami data merupakan siswa
yang memang berhak menerima kartu Jakarta pintar ( KJP ) memenuhi syarat siswa
yang tidak mampu, dan dalam memverifikasi 8355 terdapat perbedaan data yang
belum di update karena ada beberapa siswa yang telah keluar dari sekolah.
3.2. Saran
Demikianlah laporan kami mengenai kegiatan KJP
dan 8355. Dan tentu saja kami hanyalah manusia biasa yang
jauh dari kata sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran
dari pembaca
0 komentar:
Posting Komentar