Pendataan dan validasi Realisasi 8355
Di Sekolah SDN Sukabumi Selatan 01 Dalam Penerapan matakuliah Character
Building Bersama Teach For Indonesia
Kelas : LD53
Dosen : Untung Suhardi, S.Pd.H., M.Fil.H
Dosen : Untung Suhardi, S.Pd.H., M.Fil.H
Ketua : Andi Wijaya
Waktu : Kamis, 22 Oktober 2015
Pukul : 10.00 – 12.30 WIB
Lokasi : SDN Sukabumi Selatan 01, Jl. Panjang Sukabumi Selatan RT 01/ 05 Kebun Jeruk
Tim yang hadir:
Ketua : Andi Wijaya
Alfathu
Kabiru Rifai
Egishacikal Agata
Elsa Christina
Elsa Christina
Cristal Clara
Melisa Teena
Raynaldo Sudira
(Andi Wijaya, Egishacikal Agata, Cristal Clara, Melisa Teena, Elsa Christina, Ari Jumadi Ahmad, Raynaldo Sudira, Alfathu Kabiru Rifai) |
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada
saat ini KJP (Kartu Jakarta Pintar)sangat berperan penting dikehidupan
masyarakat Jakarta saat ini dan khususnya bagi maysarakat menengah kebawah
.Namun beberapa kasus dan kenyataan yang
terjadi adalah KJP tidak diterima atau
mencapai tujuan yang sesuai dengan semestinya.Oleh karena itu Binus University melalui TFI (Teach For
Indonesia) dibawah naungan Pemerintah DKI Jakarta mengutus kami untuk melakukan
survey dalam bentuk wawancara. langsung dan verifikasi 8355 langsung ke Sekolah
yang telah ditentukan kepada kami , yaitu SDN
Sukabumi Selatan 1 Jakarta.
1.2 Tujuan dan Manfaat Kegiatan
Adapaun Tujuan dan manfaat dari kegiatan
ini adalah sebagai berikut:
·
Mengetahui apakah program KJP telah
berjalan sebagaimana mestinya atau tidak
·
Melakukan verifikasi terhadap data sekolah
dan dinas
·
Mengetahui apakah program KJP telah tepat
sasaran
·
Melakukan Validasi pendidikan
1.3 Perencanaan Kegiatan
1.3.1 Bentuk Kegiatan
A. Wawancara langsung kuisioner KJP kepada siswa/I
SDN Sukabumi Selatan 1 Jakarta
1.3.2 Sasaran Kegiatan
A. Sekolah yang dituju
: SDN Sukabumi Selatan 1 Jakarta
B. Target : Siswa/i di sekolah tersebut
PELAKSANAAN KEGIATAN
2.1 Kegiatan yang dilakukan
Pada tanggal 20 october 2015 kami berkumpul bersama di
kampus pada pk. 08:00 pagi untuk menuju ke sekolah SDN Cempaka Baru 02 Pagi
Kemayoran untuk melakukan pendataan KJP. Setelah melalui perjalanan yang cukup
jauh dan beganti ganti kendaraan kami tiba di sekolah tersebut pada pk. 11:00.
Sesampainya di sekolah kami bersama-sama menuju ruang kepala sekolah untuk
membicarakan maksud dan tujuan kami. Ternyata kepala sekolah tersebut baru
menjabat sebagai kepala sekolah di sekolah tersebut sehingga beliau tidak
mengetahui mengenai data KJP maupun 8355 dan ketika beliau memanggil pihak TU
sedang tidak ada di tempat sehingga kami diminta untuk kembali lagi minggu
depan.
Setelah kami selesai dari sekolah SDN
Cempaka Baru 02 Pagi kemayoran, kami langsung menuju sekolah SDN Sukabumi
Selatan 01 Pagi untuk membicarakan maksud dan tujuan kami ke sekolah tersebut
untuk melakukan pendataan KJP. Sesampainya disana kami langsung ke ruang kepala
sekolah dan kami dipersilahkan oleh kepala sekolah untuk membicarakannya dengan
petugas TU. Beliau meminta kami datang kembali pada hari Kamis karena Beliau
mau mempersiapkan data-data nya terlebih dahulu.
A. Kegitan
Wawancara KJP
Pada
hari Kamis 22 oktober 2015 kami berkumpul kembali pada pukul 07:00 pagi untuk menuju ke sekolah
SDN. Sukabumi Selatan 01 Pagi untuk mendata KJP siswa-siswi di sekolah
tersebut. Kami berkumpul di ruang sekolah untuk meminta izin mewawancarai
siswa-siswi penerima KJP. Setelah itu kami masuk ke ruangan kelas untuk
mewawancarai langsung siswa-siswi yang menerima KJP di sekolah tersebut. Kami
membagi tugas masing-masing dari kami mewawancarai 3-4 orang anak per kelompok.
Dari hasil yang didapat sesuai dengan kriteria yang seharusnya menerima KJP
karena mayoritas adalah anak yang kurang mampu sehingga perlu mendapatkan
bantuan KJP. Setelah selesai, kami pun kembali ke ruang kepala sekolah.
2.2 Faktor Penunjang dan Penghambat
A. Faktor Penunjang
1) Kesiapan individu
dari siswa/i disekolah tersebut
2) Sarana dan
prasarana yang mendukung.
3) Waktu yang cukup.
4) Siswa/i yang jujur dalam merespon
wawancara
5) Support dari sekolah yang cukup
baik.
B. Faktor Penghambat
1) Kurangnya
informasi bagi kami dalam mencapai lokasi
2) Kurangnya kesiapan terkait data KJP dan
8355 yang diperlukan.
2.3 Refleksi
Berdasarkan kegiatan yang telah
kami lakukan,
banyak sekali hal yang kita dapatkan. Hal
itu tentunya tidak ada kita dapatkan jika tidak
melakukan kegiatan ini.
Beberapa hal yang kami
dapatkan
diantaranya :
1. Informasi terkait kondisi pendidikan
di Jakarta
2. Pengetahuan
Seputar KJP
3.
Pengalaman terkait bagaimana memverifikasi
sesuatu yang terdaftar dengan kondisi sesungguhnya.
4. Membangun
kerjasama tim
yang lebih baik.
Selain itu, kami merasa senang mengingat
hal yang kami lakukan itu
merupakan
kegiatan
yang berguna bagi pemprov
DKI. Sungguh suatu
pengalaman yang luar biasa dan
rasa lelah yang kami dapatkan
terbayar dengan rasa bangga
dan puas.
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dari keseluruhan kegiatan ini, tentu saja bnyak hal yang telah kami peroleh maka
secara garis besar dapat kami simpulkan bahwa seluruh siswa kjp yang kami data merupakan siswa
yang memang berhak menerima kartu Jakarta pintar ( KJP ) memenuhi syarat siswa
yang tidak mampu, dan dalam memverifikasi 8355 terdapat perbedaan data yang
belum di update karena ada beberapa siswa yang telah keluar dari sekolah.
3.2. Saran
Demikianlah laporan kami mengenai kegiatan KJP
dan 8355. Dan tentu saja kami hanyalah manusia biasa yang
jauh dari kata sempurna, untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran
dari pembaca
0 komentar:
Posting Komentar